Varietas, Kultivar, Galur, Kloning / Cloning, Benih Unggul Bersertifikat Macam – Macam Benih, dan Pemuliaan Tanaman

Varietas, Kultivar, Galur, Kloning / Cloning, Benih Unggul Bersertifikat Macam - Macam Benih, dan Pemuliaan Tanaman

Varietas, Kultivar, Galur, Kloning / Cloning, Benih Unggul Bersertifikat Macam – Macam Benih, dan Pemuliaan Tanaman

 

Varietas, Kultivar, Galur, Kloning / Cloning, Benih Unggul Bersertifikat Macam - Macam Benih, dan Pemuliaan Tanaman

 

Varietas

Definisi  dari Varietas adalah sekelompok tanaman dari suatu jenis atau spesies yang ditandai oleh bentuk dan pertumbuhan tanaman, daun, bunga, buah, biji, dan ekspresi karakter atau kombinasi genotype yang dapat membedakan dengan jenis atau spesies yang sama oleh sekurang-kurangnya satu sifat yang menentukan dan apabila diperbanyak tidak mengalami pertumbuhan. Secara botani, varietas adalah suatu populasi tanaman dalam satu spesies yang menunjukkan ciri berbeda yang jelas.

 

Kultivar

Dalam dunia pertanian, kultivar diartikan sebagai sekelompok tumbuhan yang telah dipilih/diseleksi untuk suatu atau beberapa ciri tertentu yang khas dan dapat dibedakan secara jelas dari kelompok lainnya, serta tetap mempertahankan ciri-ciri khas ini jika diperbanyak dengan cara tertentu, baik secara seksual maupun aseksual. Dalam pembicaraan sehari-hari awam kerap kali menyebut kultivar sebagai varietas atau ras (ras lokal, landrace), meskipun sebenarnya masing-masing memiliki pengertian yang berbeda. Kultivar merupakan produk dari pemuliaan tanaman.

 

Galur

Dalam pertanian, galur (Ing.: line atau strain [khusus peternakan]) adalah sekelompok individu yang memiliki komposisi genetik yang serupa sebagai akibat perkawinan sekerabat. Dalam mikrobiologi, galur (Ing.: strain) adalah koloni mikrobia (atau hasil biakannya) dengan sifat-sifat fisiologi yang sama sebagai hasil proses isolasi atau rekayasa lainnya untuk memurnikan sifat itu. Galur juga dipakai dalam virologi, namun istilah strain atau tipe lebih sering dipergunakan, umpamanya virus flu strain H1N1.

 

Klon

Kloning yaitu gen-gen yang direkombinasi dan di kembangkan. Kloning berasal dari kata “clone” yang diturunkan dari bahasa Yunani “klon” yang artinya potongan yang digunakan untuk memperbanyak tanaman. Kata ini digunakan dalam dua pengertian klon sel adalah sekelompok sel yang identik sifat-sifat genetiknya, semua berasal dari satu sel. klon gen atau molekuler adalah sekelompok salinan gen yang bersifat identik yang direplikasi dari satu gen yang dimasukan dalam sel inang.

 

Benih unggul bersertifikat

Benih unggul bersertifikat adalah merupakan benih yang sudah lulus proses sertifikasi yang merupakan salah satu bentuk jaminan mutu benih. Mutu benih meliputi mutu genetik, mutu fisik, mutu fisiologis.

Ciri-ciri benih bermutu adalah :

  1. Varietasnya asli.
  2. Benih bernas dan seragam.

 

Macam-macam benih antara lain :

1. Benih Ilegitim, adalah benih yang tetuanya tidak diketahui dengan jelas sehingga benih tersebut sulit ditelusuri informasi genetiknya, dan sering kali disebut sebagai benih “sapuan”. Maksudnya adalah benih tersebut seolah – olah didapat hanya dengan cara menyapu saja asal mendapatkan benih saja.

2. Benih Legitim, adalah benih yang diketahui dengan jelas induk betina dan jantannya serta dihasilkan dari

 

Peran pemuliaan tanaman dalam peningkatan produksi :

Benih ataupun bibit, sebagai produk akhir dari suatu program pemuliaan tanaman, yang pada umumnya memiliki karakteristik keunggulan tertentu, mempunyai peranan yang vital sebagai penentu batas-atas produktivitas dan dalam menjamin keberhasilan budidaya tanaman. Avertebrata Sampai saat ini, upaya perbaikan genetik tanaman di Indonesia masih terbatas melalui metode pemuliaan tanaman konvensional.