Teori Organisasi

Teori Organisasi
Teori Organisasi

Teori Organisasi

Teori Organisasi

Organisasi juga mempunyai beberapa teori, diantaranya adalah sebagai berikut:

 

Teori organisasi klasik

Dalam teori ini, organisasi secara umum digambarkan oleh para teoritisi klasik sebagai sangat tersentralisasi dan tugas-tugasnya terspesialisasi, serta memberikan petunjuk mekanistik structural yang kaku tidak mengandung kreativitas. Teori ini juga berkembang dalam tiga aliran yang dibangun atas dasar anggapan-anggapan yang sama dan mempunyai efek yang sama, yaitu :
a. Teori birokrasi :
dikemukakan oleh Max Weber dalam bukunya “The Protestant Ethic and Spirit of Capitalism.
b. Teori administrasi :
dikembangkan atas dasar sumbangan Henry Fayol dan Lyndall Urwick dari Eropa serta Mooney dan Reiley dari Amerika.
c. Manajemen ilmiah :
dikembangkan mulai tahun 1900 oleh Frederick Winslow Taylor.

 

 

Teori organisasi non klasik

Anggapan dasar teori ini adalah menekankan pentingnya aspek psikologis dan social karyawan sebagai individu maupun sebagai bagian kelompok kerjanya, atas dasar anggapan ini maka teori neoklasik mendefinisikan “suatu organisasi” sebagai sekelompok orang dengan tujuan bersama.
Dalam hal pembagian kerja, teori neklasik telah mengemukaan perlunya hal-hal sebagai berikut:
a. Partiipasi, yaitu melibatkan setiap orang dalam proses pengambilan keputusan.
b. Perluasan kerja (job enlargement) sebagai kebalikan dari pola spesialisasi.
c. Manajemen bottom-up yang akan memberikan kesempatan kepada para yunior untuk berpartisipasi dalam pengambilan keputusan manajemen puncak.

 

 

Teori organisasi modern

Teori modern yang kadang – kadang disebut juga sebagai analisa system pada organisasi merupakan aliran besar ketiga dalam teori organisasi dan manajemen. Teori modern melihat bahwa semua unsur organisasi sebagai satu kesatuan an saling ketergantungan, yang di dalamnya mengemukakan bahwa organisasi bukanlah suatu system tertutup yang berkaitan dengan lingkungan yang stabil, akan tetapi organisasi merupakan sistem terbuka.

organisasi sangat penting dan semua orang pasti pernah berorganisasi dalam kehidupannya, saya sendiri juga sebagai mahasiswa pernah mengikuti beberapa organisasi, beberapa organisasi yang pernah saya ikuti adalah Dokter kecil, pada saat saya masih SD. pada saat itu adalah pertama kali nya saya mengikuti organisasi dalam hidup saya. lalu saya juga pernah mengikuti organisasi karate, tepatnya ketika saya duduk di bangku kelas 4SD, tapi karena saya kurang cocok dengan karate, akhirnya saat SMP saya mengikuti organisasi Pencak Silat.
itu adalah beberapa organisasi yang saya pernah ikuti dari semasa SD sampai dengan sekarang saya kuliah semester 3.

 

 

Sumber : https://bimbel.co.id/

Comments are closed.