TEKNIK PROMOSI

TEKNIK PROMOSITEKNIK PROMOSI

Promosi adalah suatu arus informasi atau bujukan yang dilakukan untuk mengarahkan orang-orang agar dapat mewujudkan pertukaran penjualan.Dalam hal penjualan, maka promosi penjualan (sales promotion) adalah segala aktivitas yang meliputi personal selling (penjualan oleh orang secara langsung) maupun advertaising (periklanan) yang bertujuan untuk meningkatkan penjualan.

 

Dalam pelaksanaan promosi termasuk didalamnya berbagai kegiatan seperti :

  • Penjualan oleh orang secara langsung (Personal selling)
  • Pemajangan (Display)
  • Pertunjukan (Show)
  • Pameran/Eksposisi (Expostion)
  • Demonstrasi (Demonstration)
  • Publisitas (Publicity)
  • Pembungkusan (Packaging)
  • Pelabelan (Labeling)
  • Premi (Premium)
  • Merk Dagang(Trading Stamp/Brand)
  • Periklanan (Advertising)

Sifat promosi lebih luas dan meliputi berbagai aktivitas termasuk di dalamnya periklanan.Jadi kegiatan periklanan merupakan bagian dari promosi tersebut, yaitu sebagai alat kelengkapan dari suatu promosi penjualan. Pada saat ini promosi yang dianggap yang paling baik oleh perusahaan adalah menggunakan bauran atau mix promotion, yang terdiri dari:

  1. Advertensi

Advertensi adalah suatu bentuk penyajian gagasan barang atau jasa yang dibiayai oleh suatu sponsor tertentu yang besifat non personal. Media yang dipergunakan dalam advertensi adalah majalah, surat kabar, radio, televisi, dan lain sebagainya.

 

Recent Posts

Comments are closed.