Teknik Dasar Permainan Futsal

Teknik Dasar Permainan Futsal

Teknik Dasar Permainan Futsal

Teknik Dasar Permainan Futsal  – Permainan futsal tidak terlalu berbeda banyak dengan sepakbola, perbedaannya hanya dari sisi teknis peraturan dan lapangan. Dari sisi teknik bermain, tidak ada yang berubah semua sama.

Berikut Teknik Dasar Permainan Futsal:

01 – Teknik Menendang Bola
02 – Teknik Menggiring Bola
03 – Teknik Menyundul Bola
04 – Teknik Merebut Bola
05 – Teknik Penguasaan Bola
06 – Teknik Menjaga Gawang

Akan dijelaskan secara singkat teknik dasar permainan futsal sebagai berikut :

 

01 – Teknik Menendang Bola

Bedanya terletak pada bola. Bola futsal memiliki ukuran lebih kecil dan lebih ringan daripada bola untuk sepakbola. Untuk menendang bisa menggunakan berbagai teknik seperti kaki dalam, luar dan punggung kaki.

02 – Teknik Menggiring Bola

Futsal mengharuskan pemain memiliki kemampuan menggiring yang baik. Dilapangan yang kecil harus dengan cekatan mendistribusikan bola dengan cepat. Menggiring juga bisa mengatur tempo dalam permainan futsal.

03 – Teknik Menyundul Bola

Walaupun jarang ada operan bola atas, teknik ini dipergunakan untuk memenangkan bola ketika kiper memberikan umpan jauh. Jika tidak pandai menyundul bola, bola akan lepas dan dengan mudah direbut oleh lawan.

04 – Teknik Merebut Bola

Teknik ini sangat berguna untuk merebut bola lawan. Jangan sampai lawan masuk ke daerah pertahanan dan mendapat peluang untuk menendang bola. Merebut bola bisa saat memotong jalur distribusi bola atau saat bola dalam penguasaan musuh. Dalam futsal tidak ada kontak fisik seperti dalam sepakbola. Merebut dengan keras seperti mendorong, menabrak, mentackle dilarang dalam futsal.

05 – Teknik Penguasaan Bola

Futsal memiliki tempo permainan yang cepat. Jika pemain mudah kehilangan bola dikarenakan tidak pandai menguasai bola, tim lawan akan mudah untuk merebut dan melakukan serangan balik. Dan ini sangat berbahaya.

06 – Teknik Menjaga Gawang

Dengan ukuran lapangan dan gawang futsal yang relatif kecil, kiper tidak perlu melakukan aksi melompat untuk menyelamatkan bola. Kiper hanya membutuhkan reflek dan positioning yang baik.

Dari teknik dasar permainan futsal diatas, untuk lebih detail bisa dibaca di sub artikel yang tertera diatas. Dalam futsal pemain dituntut untuk terus bergerak dan tentunya membutuhkan stamina yang prima.

 

Sumber: https://officialjimbreuer.com/

Comments are closed.