Sunan Kalijaga terkenal dalam menyebarkan agama Islam hingga ke pelosok tanah jawa

Sunan Kalijaga terkenal dalam menyebarkan agama Islam hingga ke pelosok tanah jawa

Bukti Peninggalan Kerajaan Demak yang Masih Utuh

Berbagai bukti peninggalan kerajaan Demak beberapa di antaranya masih tersimpan dengan baik di Museum yang berada di kompleks Masjid Agung Demak. Masuknya Islam di Indonesia begitu cepat hingga menjangkau ke seluruh pelosok nusantara. Di pulau Jawa, kerajaan Demak menjadi kerajaan Islam pertama yang berdiri di pulau jawa dengan Raja Pertamanya yaitu Raden Patah. Penyebaran agama islam begitu cepat disampaikan oleh wali songo.

Berikut ini merupakan bukti sejarah peninggalan kerajaan Demak.

Masjid Agung Demak
Masjid Agung Demak

Masjid ini dibangun oleh walisongo dan diprakarsai oleh Sunan Kalijaga, lokasinya berada di tengah pusat kota Demak. Setiap hari ribuan peziarah mendatangi Masjid Agung Demak untuk berwisata rohani. Di komplek Masjid Agung juga terdapat pemakaman raja-raja Demak yang telah wafat.

Makam Sunan Kalijaga
Makam Sunan Kalijaga

Sunan Kalijaga terkenal dalam menyebarkan agama Islam hingga ke pelosok tanah jawa, dalam menyampaikann dakwahnya, Sunan Kalijaga menggunakan media seni dan kebudayaan sehingga ajaran islam mudah diterima di kala itu. Karyanya hingga saat ini masih terkenal salah satunya adalah tembang Jawa gundul-gundul pacul.

Pintu Bledeg dibuat oleh Ki Ageng Selo
Pintu Bledeg Masjid Agung Demak

Bedug dan kentongan karya wali songo
Bedug dan kentongan

Soko Tatal dan Soko Guru (tiang Masjid Agung Demak)
Soko Tatal

Itulah beberapa peninggalan sejarah Kerajaan Demak, sebagai muslim yang baik kita harus tahu tentang sejarah perkembangan islam di daerah masing-masing. Tujuannya agar islam terus berkembang sampai saat ini tiu semua berkat para pendahulu kita, semoga artikel kali ini dapat menambah wawasan Anda.

SUmber: https://astalift.co.id/

Comments are closed.