SMKN DIY ikut kompetisi wirausaha muda tingkat internasional

SMKN DIY ikut kompetisi wirausaha muda tingkat internasional

SMKN DIY ikut kompetisi wirausaha muda tingkat internasional

SMKN DIY ikut kompetisi wirausaha muda tingkat internasional
SMKN DIY ikut kompetisi wirausaha muda tingkat internasional

Upaya Universitas Negeri Yogyakarta (UNY)

menumbuhkan pendidikan kewirausahaan di SMA/SMK di Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) tampaknya membuahkan hasil. Setelah memberikan pendampingan kewirausahaan bersama sebuah LSM kewirausahaan Prestasi Junior Indonesia, SMK Negeri 1 Godean terpilih mewakili Indonesia dalam ajang kompetisi wirausaha muda tingkat internasional.

“Dari Indonesia nantinya akan ada dua sekolah yang kami kirim mewakili Indonesia ke Kuala Lumpur, Malaysia tahun 2013 ini yakni satu sekolah dari DIY dan satu lagi dari Klaten. Mereka akan berkompetisi dengan wirausaha muda lainnya dari China, Thailand, Turkmenistan, India dan lainnya. Kompetisi ini akan mengumpulkan semua peserta se-Asia Pasifik,” ujar Ketua Prestasi Junior Indonesia Robert Gardiner di UNY, Yogyakarta, Jumat (18/1/2013).

Ditemui di Fakultas Ekonomi UNY, Gardiner mengungkapkan

, pihaknya yakin para siswa Indonesia akan memperoleh juara. Hal ini dikarenakan, kemampuan dan produk yang ditawarkan memiliki potensi yang besar dalam dunia bisnis. Dari SMK Negeri 1 Godean sendiri menawarkan produk kerajinan berupa tas dan dompet yang terbuat dari bahan alami yakni mendong. Sedangkan peserta asal Klaten memiliki produk kalender batik.

Nantinya mereka tidak hanya mempresentasikan produk, tapi juga wajib menjual produk mereka pada masyarakat di Kuala Lumpur nanti. Produk mereka akan dijual di sebuah mall dan cara mereka menawarkan produk juga akan dinilai. Juri penilai semuanya dari internasional dan berkompeten dalam bidang bisnis dan wirausaha,” imbuhnya.

Peserta asal DIY, menurut Gardiner tak hanya unggul dalam kemampuan bahasa Inggris

. Karakter dan sikap mereka yang baik juga menjadi salah satu pertimbangan juri di Jakarta menunjuk peserta asal DIY untuk mewakili Indonesia saat kompetisi tingkat nasional.

Sementara itu, Dekan Fakultas Ekonomi UNY Dr Sugiharsono mengatakan, upaya mengembangkan kewirausahaan di Indonesia harus terus dilakukan. Kegiatan tersebut perlu diperkenalkan sejak dini agar generasi muda Indonesia mampu menjadi pribadi yang mandiri.

Dikatakannya, salah satu modal untuk membuka bisnis bagi generasi muda ialah sikap berani. Dan membangun bisnis menjadi salah satu solusi mengatasi lapangan kerja yang kian menyempit saja.

“Dalam dunia ekonomi, bisnis menjadi salah satu patokan sebuah negara bisa maju dan tidak ketinggalan dengan negara-negara lain di dunia. Dan kami berharap, dengan munculnya bibit-bibit baru berwirausaha dari para siswa SMA/SMK ini dapat semakin banyak menciptakan peluang usaha, utamanya usaha kecil dan menengah. Dengan begitu, perekonomian masyarakat mampu makin berkembang,” imbuhnya.

 

 

Baca Juga :