Skor AnTutu Realme 6 Disebut Lebih Tinggi dari Realme 6 Pro

Skor AnTutu Realme 6 Disebut Lebih Tinggi dari Realme 6 Pro
Skor AnTutu Realme 6 Disebut Lebih Tinggi dari Realme 6 Pro

Skor AnTutu Realme 6 Disebut Lebih Tinggi dari Realme 6 Pro

 

Skor AnTutu Realme 6 Disebut Lebih Tinggi dari Realme 6 Pro
Skor AnTutu Realme 6 Disebut Lebih Tinggi dari Realme 6 Pro

Realme 6 dan Realme 6 Pro yang dijadwalkan meluncur di Indonesia pada pekan depan menggunakan chipset berbeda, yaitu Helio G90T untuk versi reguler dan Snapdragon 720G untuk Pro. Berapa skor AnTutu untuk masing-masing perangkat itu?

AnTuTu adalah salah satu program populer untuk pengujian benchmark pada perangkat elektronik khususnya smartphone. Benchmark sendiri merupakan teknik pengetesan menggunakan suatu nilai standar dengan sebuah program.

Seturut namanya saja, versi Pro semestinya punya skor AnTuTu lebih tinggi dari reguler lantaran seharusnya menawarkan spesifikasi lebih baik. Akan tetapi, hal ini tak berlaku bagi duet Realme 6 series, yang diklaim laman 91mobiles justru skor AnTuTu Realme 6 Pro lebih rendah dari Realme 6.

91mobiles, situs web pengulas gadget berbasis di India, telah me-review performa duet Realme 6 series itu. Di India, Realme 6 dan Realme 6 Pro memang sudah dipasarkan sejak pekan lalu yang diperkenalkan pada 5 Maret 2020.

Baca juga: Harga dan Spesifikasi Realme 6 Series yang Meluncur di India

Dalam sebuah pengujian benchmark menggunakan AnTuTu, Realme 6 dengan kode RMX2001 meraih skor sebesar 290622 dengan 98671 untuk performa CPU-nya dan 80016 untuk GPU-nya. Sedangkan Realme 6 Pro dengan kode RMX2061 meraih skor sebesar 281167. Namun, untuk performa CPU-nya lebih unggul yaitu 102515. Sementara untuk GPU-nya lebih rendah dari versi reguler yaitu 71079.

Sementara, situs web Kimovil, laman pembanding spesifikasi smartphone termasuk skor AnTuTu-nya, juga menampilkan kedigdayaan Realme 6 dibanding versi Pro dengan skor 281.000. Sedangkan Realme 6 Pro meraih skor sebesar 265.000.

Patut diketahui bahwa skor AnTuTu akan berbeda bagi siapa pun yang melakukan pengujian seturut kondisi perangkat. Laman ofisial AnTuTu sendiri belum menampilkan skor dua perangkat itu lantaran umumnya hanya merilis skor untuk ponsel dengan spesifikas kelas flagship.

Adapun situs web AnTuTu dalam pengujiannya dilakukan secara periodik bisanya selama satu bulan menggunakan perangkat lunak benchmark V8. Pengujian ini setidaknya dilakukan sebanyak 1.000 kali. Dijelaskan AnTuTu, pengujian yang mereka lakukan merupakan skor rata-rata bukan skor tertinggi berdasarkan tes pada periode tersebut.

Pertanyaannya kemudian, mengapa skor AnTutu Realme 6 lebih tinggi dari Realme 6 Pro?

Baca juga: Daftar Smartphone Android Terbaru Paling Cepat Versi AnTuTu

Duet Realme 6 series sama-sama dibekali chipset berbasis gaming, yaitu Snapdragon 720G untuk versi Pro dan Helio G90T untuk model reguler, yang disandingkan dengan RAM setara, yakni mencapai 8GB.

Dua chip itu diproduksi oleh pabrikan chipset ternama, yaitu Qualcomm dan MediaTek. Snapdragon 720G dirilis pada tahun lalu, jajaran chipset papan atas Qualcomm di bawah seri 8XX, sedangkan Helio G90T termasuk baru yang perdana di perangkat Redmi Note 8 Pro.

Helio G90T merupakan penggabungan antara CPU Arm Cortex-A76 dan Cortex-A55 yang dipadankan dengan GPU Arm Mali-G76 dengan kecepatan hingga 800 MHz. Helio G90T menggunakan teknologi HyperEngine yang diklaim bisa memberikan pengalaman gaming terbaik.

Kehadiran Helio G90T diklaim mampu menyaingi Qualcomm Snapdragon 720G yang sebelumnya diketahui memiliki performa khusus untuk kebutuhan gaming.

Untuk aspek ini, cukup sukar dibandingkan lantaran masing-masing manufaktur sama-sama mengklaim yang terbaik. Akan tetapi, Snapdragron 720G memiliki fabrikasi 8nm yang di atas kertas cukup efisien atau hemat daya dibandingkan dengan 12nm di Helio G90T.

Realme 6 Pro semestinya memberikan performa yang sama cepat dan mulusnya dengan Realme 6 meski skor AnTuTu-nya berbeda. Sebab, dua ponsel ini sama-sama dibekali chipset yang berbasis sama, lebih fokus ke gaming. Di samping itu, patut diperhatikan pula pengujian benchmark akan menghasilkan skor yang berbeda tergantung kondisi perangkat.

Baca juga: Redmi Note 8 Pro Pakai Chipset Khusus Gaming, Apa Istimewanya?

Bila memang skornya lebih rendah, Realme 6 Pro masih menawarkan aspek ‘pro’ dibandingkan dengan Realme 6.

Baik Realme 6 Pro maupun Realme 6 sama-sama mengusung quad-camera dengan kamera utama berkekuatan 64MP sebagai lensa wide. Akan tetapi, ada satu hal yang tak dimiliki versi reguler tapi ada di model pro.

Itu adalah lensa telephoto 12MP yang dibekali kemampuan 2x optical zoom. Kamera ini bermanfaat bagi mereka para pegiat mobile photography yang gemar membidik objek jarak jauh.

Selain itu, Realme 6 Pro juga punya kemampuan kamera ultra-wide lebih baik yaitu berkekuatan 12MP, sedangkan di Realme 6 hanya 8MP. Sementara kamera lainnya setara, macam 2MP untuk lensa makro.

Sedangkan untuk kamera selfie, Realme 6 Pro dan Realme 6 dibekali kemampuan setara yaitu berkekuatan 16MP wide. Akan tetapi, versi pro punya satu lagi kamera untuk lensa ultra-wide berkekuatan 8MP.

Realme 6 dan Realme 6 Pro dijadwalkan meluncur di Indonesia pada tanggal 24 Maret 2020.

Realme Indonesia mengajak Realme Fans untuk mengikuti event menyambut peluncuran Realme 6 series di tanah

air yang berhadiah 2 unit Realme 6 Pro, 2 unit Realme 6, dan 8 unit aksesori Realme terbaru.

Peluncuran Realme 6 series itu juga akan disiarkan secara live streaming pada 24 Maret 2020 tepat pukul 10.30 WIB. Sementara 12 pemenang event tersebut akan diumumkan saat live streaming launching perangkat itu berlangsung di Realme.com.

Baca Juga:

 

 

 

Comments are closed.