SEJARAH ATLETIK DI INDONESIA

SEJARAH ATLETIK DI INDONESIA
SEJARAH ATLETIK DI INDONESIA

SEJARAH ATLETIK DI INDONESIA

SEJARAH ATLETIK DI INDONESIA

Atletik mengalami banyak perkembangan termasuk di Indonesia

Indonesia mengenal atletik melalui bangsa Belanda yang pernah menjajah Indonesia selama 3,5 abad. Namun, pada saat itu atletik belum dikenal secara keseluruhan karena masyarakat belum dapat sekolah atau mengikuti berbagai kegiatan besar.

Pada zaman Belanda, sudah didirikan organisasi atletik yang pertama di Indonesia. Organisasi tersebut bernama NIAU atau dalam bahasa Indonesia mempunyai arti Perserikatan Atletik Hindia Belanda. Organisasi atletik tersebut diadakan pada tahun 1917 di Indonesia.

Organisasi NIAU tersebut mulai melaksanakan berbagai lomba dengan cabang olahraga yang sudah ada. Usaha mengadakan cabang olahraga atletik tersebut terlaksana di kota besar yaitu Jakarta, Bandung, Surabaya, Medan, Yogyakarta, Solo dan juga Semarang. Kota tersebut mempunyai sekolah dan beberapa tempat yang digunakan untuk kegiatan kemiliteran.

Pada masa penjajahan Jepang tahun 1942 hingga 1945, olahraga atletik mulai berkembang dan meningkat. Berawal dari siaran radio dengan nama Radio Tasio. Semua pelajar mengetahui berbagai cabang olahraga tersebut melalui siaran radio yang diadakan dan membuka latihan dari berbagai olahraga termasuk senam dan atletik.

Pada masa Jepang, atletik mendapatkan perhatian yang baik. Dengan banyak perlombaan dari berbagai cabang olahraga terutama lari dan cabang atletik lainya. Perlombaan tersebut diadakan di berbagai sekolah, antar kota, dan sebagainya. Sehingga masyarakat mulai mengenal berbagai cabang olahraga atletik dengan antusias.


Baca Juga :

Comments are closed.