SEJARAH ATLETIK DI DUNIA

SEJARAH ATLETIK DI DUNIA
SEJARAH ATLETIK DI DUNIA

SEJARAH ATLETIK DI DUNIA

SEJARAH ATLETIK DI DUNIA

Atletik merupakan

suatu kegiatan atau event perlombaan lari berupa olimpiade pertama yang diadakan oleh bangsa Yunani pada tahun 776 atau abad ke 6 sebelum Masehi. Olahraga tersebut dikenal dengan istilah pentahlon atau panca lomba. Dalam sebuah buku karya Hemerun dijelaskan bahwa sejarah tersebut diawali oleh petuangan Odysus yang mengunjungi kepulauan selatan Yunani.

Saat Odysus mengunjungi pulau tersebut, mendapatkan sambutan oleh kepala suku setempat. Dalam sambutan tersebut diadakan sebuah lomba, yaitu lempar cakram, lari, gulat dan tinju. Setelah itu, orang-orang Yunani mengabadikan momen tersebut menjadi suatu perlombaan atau olimpiade, yang didalamnya terdapat pemenangnya yang dinyatakan juara olimpiade.

Pada tahun 490 sebelum Masehi, ditetapkan nomor lari marathon. Nomor tersebut merupakan perlombaan lari yang diadakan di kota bernama Marathon. Pada tahun 1908, marathon mulai dibakukan menjadi perlombaan lari dengan jarak 42,195 km. Dari sejarah tersebut hingga akhirnya olahraga marathon menjadi puncak dan juga penutup dari kegiatan olimpiade atletik.

Pada tahun 1896, Baron Peire Louherbin mengadakan olimpiade modern di Athena Yunani. Olimpiade tersebut merupakan cabang olahraga tambang dan memperebutkan medali. Namun, atletik yang sekarang tidak sama lagi dengan zaman dahulu karena perubahan teknologi dan juga globalisasi yang semakin tinggi.

Pada tanggal 17 Juli 1912, organisasi atletik Internasional baru dibentuk pada olimpiade ke 5 di Swedia. Organisasi tersebut dikenal dengan IAAF, dan hingga sekarang atletik mengalami berbagai perkembangan yang sangat pesat hingga mulai masuk ke negara Indonesia pada tanggal 3 September 1950.


Sumber: https://www.nub4life.net/flywings-apk/

Comments are closed.