Resep Cilok Kuah Pedas Goang Raos Pisan Ngeunah Seuhah

Resep Cilok Kuah Pedas Goang Raos Pisan Ngeunah Seuhah

Resep Cilok Kuah Pedas Goang Raos Pisan Ngeunah Seuhah

Resep cilok kuah berikut ini terdiri dari cara membuat pentol cilok kenyal yang empuk beserta resep kuah cilok yang enak dan pedas meskipun dari adonan dan bahan sederhana. Cilok goang merupakan cilok kuah jajanan khas tasik yang sangat populer dari daerah Tasikmalaya, Garut hingga Bandung.

Kuah kaldu gurihnya berasal dari rebusan tulang ayam yang juga dapat dikombinasikan bersama ceker atau kaki ayam.

Pedangang cilok kuah tentunya mempunyai rahasia masing-masing, baik takaran bahan bumbu pentol cilok maupun kuahnya untuk jualan. Beberapa diantaranya yaitu perbandingan tepung dan takaran bumbu, pemakaian minyak bawang, bahkan variasi sambal yang bisa kita simak dalam resep di bawah atau kita bisa saksikan secara lebih detil pada video ini

Bahan Membuat Cilok :

250 gram tepung aci (tapioka/kanji)
125 gram tepung terigu segitiga biru
1 batang daun bawang, iris tpis
4 siung bawang putih dan 1 sdt merica butir (haluskan)
1 sdt garam
1 sdt kaldu bubuk atau penyedap rasa
250 air (didihkan)
isian cilok : suwiran ayam rebus dan potongan sosis secukupnya
Cara Membuat Cilok :

Campurkan semua bahan-bahan cilok di atas, selanjutnya tuang air mendidih serta aduk rata. Setelah agak dingin uleni adonan dengan tangan hingga kalis dan bisa dibentuk.
Ambil secubit adonan sesuai ukuran yang dikehendaki, bulatkan dan pipihkan serta beri isi, lalu bulat-bulatkan kembali. Lakukan hingga semua cilok sudah dibentuk.
Didihkan air secukupnya dalam panci, rebus cilok hingga mengapung dan benar-benar matang. Angkat dan pindahkan ke dalam kukusan, bila ingin menjaga tekstur cilok dan bisa selalu disediakan dalam kondisi panas.
Bahan Kuah Cilok :
300 gram tulang ayam, rebus satu kali lalu buang air rebusannya
7 batang seledri, potong-potong
3 batang daun bawang, potong-potong
8-10 siung bawang putih (tergantung ukuran)
2 liter air
Cara Membuat Kuah Cilok :
Haluskan bawang putih, lalu tumis dengan minyak secukupnya hingga wangi. Angkat tumisan bawang putih lalu masukkan dalam panci berisi 2 liter air, aduk rata.
Masukkan tulang ayam lalu masak hingga mendidih, kemudian masukkan potongan seledri dan daun bawang, aduk-aduk rata.
Bahan pelengkap penyajian :
Garam dan kaldu bubuk/penyedap rasa secukupnya
Lada/merica bubuk sesuai selera
Minyak bawang
Sambal
☛ Cara Membuat Minyak Bawang : Haluskan bawang merah secukupnya, kemudian goreng dengan minyak seperlunya hingga bawang kecoklatan.
☛ Cara Membuat Sambal :
Jika menggunakan cabe rawit merah kering, rebus cabe rawit kering dengan secukupnya air hingga cukup empuk, kemudian ulek atau blender (cabe rawit kering menghasilkan kuah yang memerah dan rasa khas pedas yang nendang).
Bisa juga menggunakan cabe rawit merah segar, bisa langsung ulek jadi sambal mentah atau bisa juga direbus dahulu baru diulek bila ingin matang.
Saran Penyajian : Siapkan mangkuk saji, masukkan garam, kaldu bubuk, merica sesuai selera, tuang minyak bawang secukupnya, kemudian tuangkan kuah kaldu beserta tulangnya serta masukkan pentol cilok panas dari kukusan. Terakhir masukkan sambal sesuai selera pedas, cilok kuah pedas raos pisan sudah siap disantap.

Sumber: https://areaponsel.com/

 

Comments are closed.