Persaratan eksperimen

Persaratan eksperimen
Persyaratan eksperimen

Persaratan eksperimen

Persyaratan eksperimen

Persaratan suatu eksperimen adalah kesahihan eksperimen, yaitu kesahihan eksternal dan kesahihan internal. Persaratan yang di utamakan adalah kesahihan internal (internal validinya) dan memperhitungkanf aktor-faktor yang mengancam keshihan sesuatu eksperimen dan monitoring pelaksanaaya. Maksudnya seberapa jauh suatu hasil eksperimen dapat di generalisasikan kepopulasi lain. Walaupun kesahihan eksternal cukup penting untuk di perhitungkan dalam suatu eksperimen, tetapi dalam desain eksperimen bukan merupakan faktor yang paling penting, karenafaktor yang paling penting dalam desain eksperimen ia kesahihan internal.

Kesahihan internal ialah seberapa jauh hubungan dengan perlakuan( variablesebab) dengan kriteria ( variable akibat ) benar-benar merupakan sebab akibat yang bias di pastikan. Dengan kata lain apakah perubahan subjek mengenai hal-ahal yang ingin di pengaruhi  (variable criterion) bentuk bentuk akibat dari perlakuan dalam mempengaruhi variable responatau variable kriteria. Tujuan untuk mengendalikan variable proses betul- betul merupaka nakibat pemberian perlakuan.

Variable-variabel  yang  dapat mengotori  variable  perlakuan yaitu (1) variable moderator (20 variabel control. Variable moderator merupakan variable bebas yang dapat mempengaruhi variable respon yang sangat sungkar di kendalikan, namun dapat di lakukan dalam proses analisis, yaitu analisis korelasi parsial atau kovarians. Variable control merupaka variable-variabel bebas yang dapat mempengaruhi variable resvon, namun dapat di kendalikan atau dapat di netralisiskan pengaruhnya oleh peneliti. Pengendalian tersebut biasanya di lakukan dengan kualitas maksudnya menyamakan kondisi variable yang dimaksud pada kelompokesperimen dan pada kelompok pembandingan. Selainitu, pengendalian juga dilakukan secara setatistik. Kesahihan internal inisangatpenting, karena tampak ini kesimpulanya tidak dapat di ambi lkesimpulan mengenai hubungan sebab-akibat perlakuan dan pariabel criterion. Oleh karena itu maka desaine ksperimen yang baik harusdapat mengnterol (menghilangkan) pengaruh faktor-faktor yang mengancam kesahihan internal dari eksperimen yang akan dilakukan.sehingga jika terjadi perubahan pada variable criterion maka perubahan tersebut benar-benar di sebabkan oleh perlakuan yang di berikan.


Baca Juga :

Comments are closed.