Pengertian SIG Menurut Para Ahli

Pengertian SIG Menurut Para Ahli

Pengertian SIG Menurut Para Ahli

 

Pengertian SIG Menurut Para Ahli
Pengertian SIG Menurut Para Ahli

Aronaff (1989)

Menurut Aronaff, SIG yakni sistem informasi yang didasarkan pada kerja komputer yang memasukkan, mengelola, memanipulasi dan menganalisa data serta memberi uraian.

Burrough (1986)

Menurut Burrough, SIG yakni alat yang bermanfaat untuk pengumpulan, penimbunan, pengambilan kembali data yang diinginkan dan penayangan data keruangan yang berasal dari kenyataan dunia.

Kang-Tsung Chang (2002)

Menurut Kang-Tsung Chang, SIG yakni a computer system for capturing, storing, querying, analyzing, and displaying geographic data (sistem komputer untuk menangkap, menyimpan, meminta, menganalisis, dan menampilkan data geografis).

Murai (1999)

Menurut Murai, SIG yakni sistem informasi yang dipakai untuk memasukkan, menyimpan, memanggil kembali, mengolah, menganalisis dan menghasilkan data bereferensi geografis atau data geospatial, untuk mendukung pengambilan keputusan dalam perencanaan dan pengelolaan penggunaan lahan, sumber daya alam, lingkungan, transportasi, kemudahan kota, dan pelayanan umum lainnya.

Marble et al (1983)

Menurut Marble et al, SIG yakni sistem penanganan data keruangan.

Bernhardsen (2002)

Menurut Bernhardsen,SIG yakni sistem komputer yang dipakai untuk memanipulasi data geografi. Sistem ini diimplementasikan dengan perangkat keras dan perangkat lunak komputer yang berfungsi untuk akusisi dan verifikasi data, kompilasi data, penyimpanan data, perubahan dan pembaharuan data, administrasi dan pertukaran data, manipulasi data, pemanggilan dan presentasi data serta analisa data.

Gistut (1994)

Menurut Gistut, SIG yakni sistem yang sanggup mendukung pengambilan keputusan spasial dan bisa mengintegrasikan deskripsi-deskripsi lokasi dengan karakteristik fenomena yang ditemukan di lokasi tersebut. SIG yang lengkap meliputi metodologi dan teknologi yang diperlukan, yaitu data spasial perangkat keras, perangkat lunak dan struktur organisasi.

Berry (1988)

Menurut Berry, SIG yakni sistem informasi, acuan internal, serta otomatisasi data keruangan.

Linden (1987)

Menurut Linden, SIG yakni sistem untuk pengelolaan, penyimpanan, pemrosesan (manipulasi), analisis dan penayangan data secara spasial terkait dengan muka bumi.

Alter

Menurut Alter, SIG yakni sistem informasi yang mendukung pengorganisasian data, sehingga sanggup diakses dengan menunjuk daerah pada sebuah peta.

Prahasta

Menurut Prahasta, SIG yakni sejenis software yang sanggup dipakai untuk pemasukan, penyimpanan, manipulasi, menampilkan, dan keluaran informasi geografis berikut atribut-atributnya.

Sumber: https://www.seputarpengetahuan.co.id/2015/06/unsur-unsur-seni-rupa-dan-penjelasannya.html