Pengertian Komputer

Pengertian Komputer

Pengertian Komputer

Komputer adalah alat yang dipakai untuk mengolah data menurut perintah yang telah dirumuskan. Kata komputer semula dipergunakan untuk menggambarkan orang yang perkerjaannya melakukan perhitungan aritmatika, dengan atau tanpa alat bantu, tetapi arti kata ini kemudian dipindahkan kepada mesin itu sendiri. Asal mulanya, pengolahan informasi hampir eksklusif berhubungan dengan masalah aritmatika, tetapi komputer modern dipakai untuk banyak tugas yang tidak berhubungan dengan matematika.

Secara luas, Komputer dapat didefinisikan sebagai suatu peralatan elektronik yang terdiri dari beberapa komponen, yang dapat bekerja sama antara komponen satu dengan yang lain untuk menghasilkan suatu informasi berdasarkan program dan data yang ada. Adapun komponen komputer adalah meliputi : Layar Monitor, CPU, Keyboard, Mouse dan Printer (sebagai pelengkap). Tanpa printer komputer tetap dapat melakukan tugasnya sebagai pengolah data, namun sebatas terlihat dilayar monitor belum dalam bentuk print out (kertas).

Dalam definisi seperti itu terdapat alat seperti slide rule, jenis kalkulator mekanik mulai dari abakus dan seterusnya, sampai semua komputer elektronik yang kontemporer. Istilah lebih baik yang cocok untuk arti luas seperti “komputer” adalah “yang memproses informasi” atau “sistem pengolah informasi.”

Saat ini, komputer sudah semakin canggih. Tetapi, sebelumnya komputer tidak sekecil, secanggih, sekeren dan seringan sekarang. Dalam sejarah komputer, ada 5 generasi dalam sejarah komputer.

Klasifikasi Komputer

Komputer digolongkan atas berbagai klasifikasi, tergantung dari sudut mana kita meninjaunya.

  1. Menurut ukuran bobotnya

Menurut ukuran bobotnya, komputer dapat digolongkan atas empat jenis, yakni:

  1. Komputer rangka besar atau komputer skala besar (mainframe computer).
  2. Komputer mini atau komputer skala menengah.
  3. Komputer mikro atau komputer pribadi (persinal computer, disingkat dengan PC). Komputer ini juga disebut juga dengan komputer desktop, karena bisa menjadi alat perlengkapan meja kerja.
  4. Komputer portabel, atau komputer yang dapat dibawa-bawa.
  5. Menurut kemampuan kerjanya

Menurut kemampuan kerjanya, komoputer dapat digolongkan atas tiga bagian besar, yakni:

  1. Komputer super atau super komputer, dengan keceatan yang sangat tinggi. Komputer ini umumnya dipakai pada bidang sains dan teknologi yang memerlukan perhitungan-perhitungan yang sangat rumit, seperti matrix dan vektor. Salah seorang tokoh dalam pembuatan superkomputer ini ialah Seymour Cray yang mendirikan Cray Research, Inc., ditahun 1972. Unjuk kerja superkomputer ini diukur dengan satuan FLOP (floating point operations per second).
  2. Komputer rangka besar (mainframe) yang kecepatan dan kemampuan kerjanya di bawah kemampuan komputer super. Sering juga disebut dengan komputer skala besar. Contoh yang tergolong dalam kelas ini ialah IBM seri 3090, IBM 4381, VAX 600 dari DEC, UNISYS, NRC, dan BULL.
  3. Komputer mini, kecepatannya lebih rendah dari komputer mainframe, namun masih bisa dipakai secara time-sharing dan multitasking. Komputer mini atau mini komputer ini sering juga disebut dengan komputer skala menengah. Contoh yang termasuk ke dalam skala ini ialah IBM AS/400, VAX 300 dan VAX 3500 dari DEC, WANG, HP, IBM S/36, Data General (DG) ICL, NRC, NEC, dan Honeywell Bull.
  4. Komputer mikro atau mikrokomputer atau PC, dengan kecepatan dan kemampuan yang lebih rendah dari yang di atas, meskipun hal ini sekarang  menjadi  sangat  relatif  mengingat  perkembangan  tekhnologi

yang begitu pesatnya.

Recent Posts

Comments are closed.