PENDIDIKAN KARAKTER UNTUK REMAJA

PENDIDIKAN KARAKTER UNTUK REMAJA
PENDIDIKAN KARAKTER UNTUK REMAJA

PENDIDIKAN KARAKTER UNTUK REMAJA

PENDIDIKAN KARAKTER UNTUK REMAJA

Masa remaja merupakan masa dimana anak menerima pendidikan yang berasal dari rumah maupun dari sekolah. Perkembangan seorang anak pada masa remaja merupakan hal yang cukup penting, karena perkembangan fisik, rohani, interaksi sosial, dan perkembangan biologis yang ada. Pendidikan karakter pada usia remaja ini biasanya menuju dan mengacu kepada prinsip pendidikan untuk umur dewasa.

Peranan orang tua harus bisa memberikan motivasi, teladan secara nyata, dan mendorong untuk menguatkan jiwa sang anak. Ini agar menghasilkan karakter yang berkualitas pada anak tersebut sehingga bisa menjadi individu yang kuat. Hal seperti memberikan tanggung jawab dengan membersihkan rumah adalah salah satu hal yang wajib.

Adanya pendidikan ini, tentu bertujuan agar membuat anak menjadi lebih berkualitas dan melakukan tanggung jawab dengan baik. Fungsi keluarga juga sangat penting dalam anak agar memiliki karakter yang berakhlak baik.

PENDIDIKAN KARAKTER BERBASIS PANCASILA

Ideologi negara Indonesia merupakan ideologi yang cukup memberikan penuntun untuk mengajarkan karakter baik. Segala nilai-nilai sebagai sumber jati diri dan bernegara ada pada pedoman pancasila. Seluruh masyarakat Indonesia menggunakan ideologi ini untuk mendidik anak-anak agar memiliki karakter dan sikap yang baik kepada sesama.

Landasan pancasila ini memiliki dasar sebagai sifat gotong royong. Karakter gotong royong tentu saja adalah hal yang baik yang sudah ditanamkan oleh nenek moyang. Krisis akhlak dan moral tentu bisa dicegah jika pendidikan karakter sejak awal diikuti dengan tujuan utama pada pancasila tersebut.

Pancasila untuk pendidikan karakter ini memberikan nilai untuk melakukan revolusi mental. Jika dilakukan secara teratur dan sistematis maka pendidikan ini akan memberikan dampak yang luar biasa. Sehingga, setiap manusia bisa mengkaji, menganalisis, dan berfikir cermat secara mandiri pada setiap masalah yang ada.


Baca Juga :

Comments are closed.