Metode Komunikasi

Metode Komunikasi
Metode Komunikasi

Metode KomunikasiMetode Komunikasi

Metode komunikasi merupakan suatu cara yang sistematis untuk mencapai suatu tujuan yang telah direncanakan. Metode komunikasi biasanya memiliki 3 bagian metode yakni metode berdasarkan pendekatan perorangan, metode berdasarkan pendekatan kelompok dan metode berdasarkan pendekatan massal (Firmansyah, 2015). Beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam komunikasi diuraikan sebagai berikut.

 

2. Pengertian Komunikasi

Komunikasi merupakan suatu cara yang dilakukan oleh seseorang kepada orang lain untuk menyampaikan pesan, informasi, gagasan, pendapat, dan pikiran dengan mengharapkan arus balik (feed back), jawaban, atau tanggapan (Muis, 2001). Secara spesifik komunikasi adalah penyampaian suatu pesan. Pesan terebut merupakan awal dari terjadinya komunikasi. Selain itu, komunikasi juga diartikan sebagai hubungan atau kegiatan yang berhubungan dengan masalah atau saling bertukar pendapat (West & Turner, 2008). Dalam hal yang lebih sederhana, komunikasi dapat dikatakan sebagai pertukaran informasi antara kedua belah pihak.

Selanjutnya West & Turner (2008) menjelaskan bahwa pengertian komunikasi terdiri dari berbagai macam akibat dari munculnya displin ilmu komunikasi yang sangat beragam. Berkaitan dengan hal tersebut dalam pandangan yang sama komunikasi dapat diartikan sebagai tindaka sosial dalam individu. Kemudahan dalam memahami definisi dari komunikasi secara umum memerlukan istilah kunci yaitu sosial, proses, simbol, makna, dan lingkungan dalam komunikasi tersebut (West & Turner, 2008). Berdasarkan istilah tersebut secara keseluruhan komunikasi dapat disimpulkan sebagai penyampaian, emosi, ide, informasi serta keterampilan melalui penggunaan simbol seperti angka, gambar, grafik, dan kata oleh seseorang terhadapa orang lain (Fisher, 1986).
3. Unsur-Unsur Komunikasi
Suryanto (2015) menjelaskan bahwa salah satu unsur komunikasi yang paling penting adalah sumber (source). Secara umumnya unsur komunikasi dapat dibedakan menjadi 7 bagian yaitu efek, komunikator, komunikan, pesan, saluran komunikasi, dan umpan balik.
a. Efek
Efek merupakan akhir dari proses komunikasi, yakni sikap dan perilaku orang yang dijadikan sebagai sasaran komunikasi, sesuai atau tidak sesuai dengan yang dilakukan (Suryanto, 2015).
b. Komunikator
Sastropoetro (1991) menjelaskan bahwa komunikator merupakan orang yang menyampaikan atau menyebarkan pesan. Beberapa syarat yang perlu diperhatikan oleh seorang komunikator yakni:
  • Dekat dengan khalayak
  • Memiliki kesaaan dan daya tarik sosial serta fisik
  • Kesamaan meliputi agama, gender, hobi, kemampuan bahasa, latar belakang sosial, pendidikan, ras, dan umur.
  • Memiliki otoritas serta kredibilitas
  • Pandai menyampaikan pesan
  • Status, kekuasaan dan kewenagannya dikenal

Sumber: https://manjakani.co.id/ransomware-masih-jadi-ancaman-terbesar-dunia-digital/

Comments are closed.