Mau Jadi Youtuber Terkenal? Sudah Punya Alat Belum

Mau Jadi Youtuber Terkenal? Sudah Punya Alat Belum

Mau Jadi Youtuber Terkenal? Sudah Punya Alat Belum

Mau Jadi Youtuber Terkenal? Sudah Punya Alat Belum
Mau Jadi Youtuber Terkenal? Sudah Punya Alat Belum

 

Dulu kalau ingin menjadi tenar, Sobat Shopee harus masuk majalah atau paling top-nya masuk TV, tapi dengan perkembangan jaman, kini berhasil masuk daftar ‘Must Watch’ di Youtube kini menjadi sebuah cita-cita bagi mereka yang mengejar ketenaran.

Tak hanya itu, kini menjadi seorang Youtuber dengan following yang banyak serta dianggap sebagai influencer telah menjadi profesi bagi generasi millenial. Youtube telah menjadi lahan yang menjanjikan untuk mencari uang. Terutama bagi mereka yang yang punya hobby menunjukkan sisi kreativitasnya.

Bagi yang suka bermain games, bisa coba membuat channel Youtube yang membahas dunia gaming atau menunjukkan aksimu dalam permainan yang lagi nge-hits, sementara bagi yang suka traveling bisa membuat channel berisi travel vlog yang menampilkan keseruan yang dialami saat jalan-jalan ke tempat yang asyik tentunya. Youtube juga dapat menjadi sarana menampilkan bakat hebat kamu ke semua orang di Indonesia bahkan dunia.

Tapi sebelum Sobat Shopee melangkah untuk menguji kesuksesannya sebagai Youtuber Influencial, pastikan telah menyiapkan beberapa peralatan penting berikut ini.

 

KAMERA

 

Kamera bisa dikatakan alat yang paling penting, karena tanpa kamera, bagaimana akan membuat sebuah video. Jenis kamera yang dibutuhkan untuk setiap Youtubers juga berbeda-beda, tergantung dengan konten apa yang ingin ditampilkan pada channelnya.

Kamu tidak harus menggunakan kamera mahal untuk membuat video youtube pertama. Jika memang belum punya dana untuk memiliki kamera yang bagus, gunakan kamera pada smartphone kamu aja dulu untuk memulai merekam video youtube pertamamu. Namun untuk menghasilkan video yang menarik dan berkualitas tentunya kamu harus menggunakan kamera dengan resolusi yang tinggi yang bisa dilakukan sejalan dengan meningkatnya popularitasmu.

 

MICROPHONE

 

Microphone berfungsi untuk menghasilkan kualitas suara yang lebih baik. Karena memang tidak hanya kualitas video yang harus diperhatikan, kualitas audio juga harus diperhatikan. Terutama video-video yang megandalkan narasi atau akan buat vlog yang akan mengandung banyak dialog di depan kamera.

Ada beberapa jenis microphone yang dapat dipilih antara lain:

  • Condenser Microphone, umunya digunakan oleh Youtuber Gamer.
  • Microphone Lavalier atau yang sering juga disebut sebagai clip on mic yang cocok digunakan oleh Youtuber yang membutuhkan kepraktisan seperti travel vlogger.
  • Shotgun microphone yang memiliki kekhususan karena menerima sinyal suara hanya dari satu arah saja. Dengan bentuknya yang silinder, jenis microfon ini mampu menangkap kualitas suara dengan sangat baik dari arah depan.

 

TRIPOD

 

Paling sebel kan kalau liat video amatir yang goyang-goyang? Nah alat berikut yang bisa menghindari hal ini adalah tripod. Risiko kamera menggoyang karena hanya memegang smartphone atau kamera dengan tangan atau tongsis bisa dihindari dengan menggunakan tripod. Karena menggunakan tripod, hasil video yang diperoleh akan terlihat profesional sehingga bebas dari unsur kualitas amatir

 

LIGHTING

Kalau sudah mulai mengarah ke dunia Youtuber professional, lighting tak lagi berguna untuk menerangkan area shooting biar tak gelap, tapi bisa dimainkan untuk ubah suasan dari video yang sedang dibuat. Nggak ada salahnya siapkan peralatan lighting dari awal, tapi jika dana terbatas, salah satu opsi murah adalah menggunakan lampu jenis LED.

 

KOMPUTER ATAU LAPTOP

 

Selain kamera, komputer atau laptop menjadi perangkat lain yang wajib lainnya. Jika sudah capai-capai bikin video yang kece, bagaimana mau upload ke Youtube kalau tidak menggunakan komputer? Selain itu, kita bisa menggunakan komputer atau laptop untuk menyunting video agar terlihat lebih profesional.  Untuk Youtuber sangat disarankan untuk menggunakan Gaming PC karena processing power komputer buat main game lebih andal dibanding yang memiliki fitur pas-pasan

Itu dia 5 alat yang dibutuhkan untuk youtuber. Bagi yang ingin menjadi Youtuber, jangan lupa untuk membuat konten positif yang memberikan manfaat kepada para penonton.

 

Sumber : https://ngelag.com/