Manfaat dari Lapisan Atmosfer

Manfaat dari Lapisan Atmosfer

Manfaat dari Lapisan Atmosfer

Manfaat dari Lapisan Atmosfer
Manfaat dari Lapisan Atmosfer

Atmosfer terdiri atas lapisan

Atmosfer memiliki banyak manfaat yang berfungsi dan bertujuan bagi kehidupan dibumi. Atmosfer mempunyai arti atau peran yang sangat penting bagi kehidupan, karena mengandung berbagai jenis gas seperti nitrogen, oksigen, karbondioksida, dan uap air. Selain itu, atmosfer berfungsi untuk melindungi bumi dari pemanasan dan pendinginan yang berlebihan dan ruang angkasa. Seandainya atmosfer tidak ada, suhu pada siang hari di permukaan bumi diperkirakan mencapai 93°C, dan pada malam hari menurun sampai -184° C. Peristiwa-peristiwa cuaca yang terjadi pada lapisan atmosfer seperti angin, hujan, awan, dan perubahan-perubahan suhu ternyata banyak mempengaruhi aktifitas manusia.

Atmosfer mempunyai arti

Yang sangat penting bagi kehidupan, karena mengandung berbagai jenis gas seperti nitrogen, oksigen, karbondioksida dan uap air. Selain itu, manfaat atmosfer adalah melindungi bumi dari pemanasan dan pendinginan berlebihan dari ruang angkasa.
Seandainya bumi tidak memiliki atmosfer, maka diprediksikan suhu bumi pada siang hari sekitar 93°C dan pada malam hari menurun sampai -184°C. Peristiwa-peristiwa cuaca yang terjadi di dalam lapisan atmosfer seperti angin, hujan, awan, dan perubahan-perubahan suhu ternyata banyak mempengaruhi aktivitas manusia.

Komposisi udara yang terdapat di atmosfer adalah sebagai berikut:

  1. Oksigen (O2), jumlahnya ± 21%. Zat ini sangat dibutuhkan karena semua makhluk hidup memerlukan oksigen untuk bernafas. Selain itu, oksigen dimanfaatkan pula di bidang industri dan kesehatan yang dikemas dalam tabung gas.
  2. Karbondioksida (CO2), jumlalmya tidak banyak, hanya 0,03% namun sangat penting bagi kehidupan karena unsur ini berfungsi untuk menyerap radiasi panas.
  3. Uap air, jumlahnya hanya sekitar 2% dari seluruh massa atmosfer, namun karena porses penguapan di muka bumi maka jumlah uap air yang terdapat di atmosfer selalu berubah- ubah. Semakin besar kandungan uap di udara, semakin besar pula kemungkinan turun hujan.
  4. Nitrogen, merupakan unsur terbanyak di atmosfer (78,08%), sangat penting bagi pertumbuhan tanaman atau pertumbuhan. Kekurangan zat nitrogen dalam tanah dapat menyebabkan pertumbuhan tanaman terganggu. Nitrogen tidak dapat digunakan oleh tumbuh-tumbuhan secara langsung dari udara, melainkan dihisap oleh akar dan dalam tanah. Terjadinya petir atau halilintar bersamaan dengan turunnya hujan, dapat mempercepat proses pelarutan Nitrogen di udara dan meresap ke dalam tanah. Kekurangan Nitrogen di dalam tanah diatasi dengan melakukan pemupukan. Pupuk Urea merupakan salah satu jenis pupuk yang mengandung banyak Nitrogen. Nitrogen merupakan salah satu bahan dasar atau bahan baku untuk industri.
  5. Neon dan Argon, digunakan untuk mengisi bola lampu listrik. Bola lampu yang diisi dengan Neon (lampu Neon) memancarkan warna jingga, sedangkan bola lampu yang diisi dengan Argon memancarkan warna merah.
  6. Ozon, dapat mematikan bakteri yang ada di dalam air, sehingg a banyak digunakan dalam industri air mineral. Ozon digunakan untuk sterilisasi (mematikan bakteri) di dalam air. Dengan demikian, air tersebut aman untuk diminum karena tidak mengandung bakteri/kuman. Lapisan ozon terdapat pada stratosfer, sebagian besar terkonsentrasi pada ketinggian 22 km dan berfungsi sebagai pelindung permukaan bumi dan radiasi sinar ultraviolet
  7. Helium, hanya sedikit terdapat di udara dan merupakan gas yang sangat ringan. Gas ini banyak digunakan untuk mengisi balon terbang.

Atmosfer juga berfungsi untuk

Melindungi bumi dari bencana hujan meteor. Meteor yang jatuh dan ruang angkasa, sebelum sampai ke permukaan bumi mengalami pergesekan-pergesekan dengan atmosfer dan sebagian besar terbakar habis di lapisan atmosfer luar. Lapisan lonosfer yang terdapat di atmosfer dapat pula berfungsi untuk memantulkan gelombang radio sebagai alat komunikasi ke seluruh permukaan bumi. Selain Beberapa fungsi di atas, udara di atmosfer dapat dimanfaatkan sebagai sumber tenaga yang murah. Sampai saat ini belum ada aturan pajak bagi pemakai tenaga udara atau angin. Angin yang merupakan gerakan udara secara horizontal, telah dimanfaatkan oleh manusia sejak dahulu kala, bahkan sekarang ini pemanfaatannya semakin beraneka ragam. Penemuan benua Amerika dan Australia oleh para pelaut Eropa adalah dengan memanfaatkan tenaga angin untuk menggerakkan kapal-kapal layar pada zaman itu. Dewasa ini pemanfaatan tenaga angin secara tradisional masih banyak dilakukan, walaupun kita sudah berada di aba