Makanan Sehat Yang bermanfaat Meningkatkan Fungsi Otak Manusia

Makanan Sehat Yang bermanfaat Meningkatkan Fungsi Otak Manusia

Makanan Sehat Yang bermanfaat Meningkatkan Fungsi Otak Manusia

Makanan Sehat Yang bermanfaat Meningkatkan Fungsi Otak Manusia
Makanan Sehat Yang bermanfaat Meningkatkan Fungsi Otak Manusia

Neuron otak mengandung 2 jenis asam lemak PUFA, Yaitu asam arakidonat dan asam dokosaheksaenoat (DHA) Yang terletak pada posisi sn2 dari molekul fosfogliserida dalam membran sel neuron. PUFA dapat terlepas dari fosfogliserida oleh stimulasi fosfolipase PLA-2 molekul AA yang terlepas akan di proses oleh enzim siklo oksigenase menjadi prostaglandin dan tromboksana, Atau di proses oleh enzim 5-lipo oksigenase menjadi lipoksin. Baik AA maupun DHA dapat di proses oleh enzim lipo oksigenase guna membentuk senyawa turunan hidroksi dan leukotriena. Berikut di bawah ini 20 makanan yang dapat membantu untuk kesehatan otak hingga meningkatkan fungsi otak :

Teh Hijau

Teh hijau mengandung polifenol, khususnya flavonoid yang mencegah gangguan syaraf, Flavonoid mengurangi produksi protein yang dapat menyebabkan plak (Karang) di otak pada penderita Alzheimer.

Telur

Telur merupakan sumber protein dan nutrien (zat gizi) yang memadai, Khususnya choline yang merupakan vitamin B kompleks. Choline yang terdapat pada kuning telur berperan dalam menghasilkan neurotransmitter dalam otak yang membantu mengatur mood, kelakuan, memori (ingatan), Dan kemampuan kognitif (Kemampuan memahami).

Alpukat

Alpukat mengandung lemak tak jenuh tunggal (monounsaturated fat) Salah satu jenis lemak sehat yang di butuhkan otak. Lemak tak jenuh tunggal membantu aliran darah yang normal, menurunkan tekanan darah, dan mencegah stroke.

Makanan Bulir Utuh (Whole Grain)

Bulir utuh seperti beras merah, oatmeal, dan bahan makan produk yang disebut dengan tepung 100% gandum utuh dapat meningkatkan aliran darah yang membantu memberikan oksigen dan nutrisi yang cukup pada otak untuk dapat bekerja dengan baik.

Sayuran Daun Hijau Tua

Sayuran daun hijau tua seperti, brokoli, kubis, bunga kol, dan bayam kaya akan vitamin B6, vitamin B12, dan folat yang merupakan zat gizi yang diperlukan untuk kesehatan otak. Sayur-sayuran tersebut juga mengandung zat besi yang berperan mengurangi stress oksidatif.

Sekian terimakasih karena anda telah menyimak dan membaca artikel 20 Makanan Sehat Yang bermanfaat Meningkatkan Fungsi Otak Tersebut, semoga banyak manfaatnya untuk anda tentunya pengunjung saya.

Baca juga artikel: