Komunikan

Komunikan
Komunikan

Table of Contents

KomunikanKomunikan

Sastropoetra (1991) berpendapat bahwa komunikan merupakan penerima pesan serta merupakan tujuan dari proses komunikasi. Komunikan dapat digolongkan menjadi tiga jenis yakni personal, kelompok, dan massa. Tidak hanya itu, keberhasilan suatu komunikan ditentukan oleh kerangka pengetahuan dan ruang lingkup pengalaman.

d. Pesan

Pesan merupakan keseluruhan yang disampaikan oleh komunikator terhadap komunikan yang berisi tentang inti informasi yang disampaikan (Sastropoetra, 1991). Selanjutnya bentuk pesan yang disampaikan oleh komukator kepada komunikan biasanya informatif (fakta/data), koersif (perintah/instruksi), dan persuasif (mempengaruhi) (Suryanto, 2015).
e. Saluran Komunikasi

Suryanto (2015) berpendapat bahwa saluran komunikasi merupakan perantara dalam menyampaikan informasi oleh komunikator kepada komunikan yang bertujuan penyebaran informasi atau pesan lebih efesiensi. Saluran komunikasi pada umumnya berfungsi supaya pesan yang disampaikan efektivitas, efesiensi, konkret, dan motivatif.

f. Umpan Balik
Umpan balik merupakan elemen yang dapat menjadi tolak ukur berhasil atau tidaknya suatu komunikasi (Suryanto, 2015). Secara singkat umpan balik dapat diartikan sebagai tanggapan dari komunikan.
4. Fungsi Komunikasi
Secra garis besar komunikasi memiliki empat fungsi yakni sebagai ekspresif, instrumental, sosial dan ritual (Mulyana, 2008). Sedangkan menurut Fajar (2009), fungsi dari komunikasi meliputi informatif, integratif, persuasif, serta regulatif.
5. Teknik Komunikasi
Fatimah (2018) menuliskan bahwa teknik komunikasi dapat diklasifikasikan menjadi 3 bagian yaitu:
  • Teknik komunikasi informatif yakni memberikan keterangan berdasarkan data dan fakta.
  • Teknik komunikasi intruksif/koersif, yakni menyampaikan pesan secara memaksa dengan menggunakan sanksi apabila tidak dilakukan.
  • Teknik komunikasi persuasif, yaitu memeberikan bujukan kepada orang lain dalam penyampaian suatu pesan dengan kesimpulan yang diambil oleh seorang komunikan dilakukan tanpa paksaan dari orang lain.

Sumber: https://sewamobilbali.co.id/indonesia-perlu-siapkan-wisata-antariksa-secara-mandiri/

Comments are closed.