KATA-KATA BIJAK DARI MAHATMA GANDHI

KATA-KATA BIJAK DARI MAHATMA GANDHI
KATA-KATA BIJAK DARI MAHATMA GANDHI

KATA-KATA BIJAK DARI MAHATMA GANDHIKATA-KATA BIJAK DARI MAHATMA GANDHI

Mahatma Gandhi lahir di Porbandar, Gujarat, India, 2 Oktober 1869 – meninggal di New Delhi, India, 30 Januari 1948 pada umur 78 tahun. Ia adalah seorang pemimpin spiritual dan politikus dari India. Sebagai seorang yang spiritual, dia telah meninggalkan sebuah kata mutiara yang bisa merasuk ke dalam pikiran yang membaca atau mendengarnya.

Kata-kata bijak dari Mahatma Gandhi

-Dibutuhkan iman yang luar biasa, iman dan penyerahan yang murni dari segala yang ada di hadapan kita.

-Musik kehidupan terancam hilang dalam musik suara.

-Pengetahuan sejati memberi kedudukan moral dan kekuatan moral.

-Sasaran pernah menjauh dari kita. Semakin besar kemajuan, semakin besar pengakuan atas ketidaklayakan kita. Kepuasan terletak pada usaha, bukan pada hasil. Usaha penuh adalah kemenangan penuh.

-Bukankah sejarah dunia menunjukkan bahwa tidak ada romantika kehidupan jika tidak ada resiko?

-Semuanya berjalan baik meskipun segala sesuatu tampaknya salah sama sekali jika anda jujur terhadap anda sendiri. Sebaliknya, semuanya tidak baik bagi anda walaupun segala sesuatu kelihatan benar, jika anda tidak jujur terhadap anda sendiri.

-Satu-satunya penguasa yang saya akui di dunia ini adalah ‘suara hening kecil’ di dalam hati.

-Adalah dibawah martabat manusia jika seseorang kehilangan kepribadiannya dan menjadi tidak lebih daripada sebuah roda gigi pada mesin.

-Kebebasan individu dan kesaling-tergantungan keduanya penting dalam hidup bermasyarakat.

-Tanpa kekerasan adalah senjata milik orang yang perkasa.

-Orang lemah tidak pernah bisa memaafkan. Memaafkan adalah sifat orang perkasa.

-Tidak ada kesia – siaan yang menguras tubuh kecuali kekhawatiran, dan orang yang punya keyakinan pada Tuhan seharusnya merasa malu kalau masih mengkhawatirkan sesuatu.

-Tidak ada orang yang dapat menyakitiku tanpa izinku.

-Ketika kamu berhadapan dengan musuhmu, taklukkan mereka dengan cinta.

-Jadilah bagian dari perubahan yang ingin kamu saksikan di dunia ini.

-Kehidupan membaca dan menulis merupakan salah satu dari banyak cara untuk mengembangkan intelektual, tetapi di masa lampau kita mempunyai raksasa – raksasa intelektual yang tidak dapat membaca.

-Karakteristik istimewa peradaban modern adalah tak terbatasnya bermacam – macam keinginan manusia. Karakteristik peradaban kuno adalah larangan keras dan aturan tegas atas keinginan – keinginan itu.

-Tuhan sendiri adalah hakim kebesaran sejati karena Ia mengetahui isi hati manusia.

-Seorang laki – laki tidak dapat berbuat benar di salah satu bagian kehidupan sedangkan ina berbuat salah di bagian lainnya. Hidup adalah keseluruhan yang tidak dapat dibagi.

-Lupa bagaimana menggali dan merawat tanah adalah lupa akan diri sendiri.

-Istri bukan merupakan budak suami, merupakan pendamping dan teman penolong suami serta mitra sejajar dalam suka dan duka, bebas memilih jalannya sendiri sebebas sang suami.

-Semua beasiswa anda, semua studi anda mengenai Shakespeare dan Wordswordth akan sia – sia jika pada saat bersamaan anda tidak membangun karakter Anda dan mencapai keahlian, mencapai pemikiran, dan tindakan anda.

-Menyebut perempuan sebagai jenis kelamin yang lebih lemah adalah fitnah. Itu merupakan ketidakadilan laki – laki terhadap perempuan.

Walaupun Mahatma Gandhi telah lama meninggalkan dunia ini, namun kata-katanya akan selalu diingat. Sekian dari saya, semoga bermanfaat.

 

Sumber: https://finbarroreilly.com/ini-penyebab-harga-iphone-8-mahal/

Comments are closed.