Hakikat dan Pengertian Norma

Hakikat dan Pengertian Norma

Hakikat dan Pengertian Norma Serta Macam-macam Norma Yang Berlaku Dalam Masyarakat

Hakikat dan Pengertian Norma
Hakikat dan Pengertian Norma

Sebagai mahluk sosial, setiap manusia hidup di tengah kehidupan masyarakat. Artinya, manusia tidak dapat hidup sendiri. Dalam hidup bersama, mereka saling berhubungan satu sama lain. Agar hubungan antarmanusia dapat berlangsung secara teratur, tertib, aman, tenteram, dan damai, diperlukan adanya norma atau kaidah yang mengatur tata pergaulan tersebut. Salah satu penyebab terjadinya kekacauan dalam masyarakat karena kurang atau tidak dipahami/dipatuhinya peraturan tersebut, banyaknya pelanggaran terhadap peraturan merupakan salah satu indikator masih rendahnya tingkat kepatuhan masyarakat terhadap aturan-aturan. Apa saja aturan tersebut?. Bacalah uraian berikut ini.

Hakikat Norma-Norma yang Berlaku dalam Masyarakat

Manusia adalah mahluk individu dan mahluk sosial. Sebagai mahluk Individu, setiap manusia mempunyai hak-hak pribadi, kepentingan pribadi, dan kebutuhan pribadi. Bahkan, manusia satu dengan lainnya memiliki kemampuan dan ciri-ciri yang berbeda. Ciri-ciri tersebut, antara lain sebagai berikut.

Bakat

minat, sifat, serta kehendak yang berbeda antara seseorang dengan yang lain, misalnya ada seorang yang gemar belajar MIPA (matematika, IPA); sedangkan orang lain gemar belajar IPS (bahasa Indonesia, Ekonomi, PKn, dan sejarah).

Ciri fisik

misalnya golongan darah, bentuk muka, bentuk rambut, dan warna kulit.

Sebagai mahluk sosial, manusia hidup dalam tatanan kehidupan bermasyarakat. Untuk memenuhi kebutuhan hidupnya, manusia perlu kerja sama dan menghormati hak-hak orang lain. Ibnu Kaldun menyatakan bahwa manusia itu harus hidup bermasyarakat. P.J. Bouman menyatakan bahwa manusia itu baru menjadi manusia jika hidup bersama dengan manusia lainnya. Hal itu disebabkan satu sama lain saling membutuhkan. Oleh karena itu, orang-orang membentuk suatu masyarakat. Sebagai mahluk sosial, manusia memiliki ciri-ciri, antara lain hidup bermasyarakat, memerlukan bantuan orang lain, dan memerlukan kerja sama dalam memenuhi kebutuhan hidup.

Sejak dilahirkan manusia telah mempunyai dua hasrat, yaitu:

  • Keinginan untuk menjadi satu dengan manusia lain disekelilingnya, yaitu masyarakat.
  • Keinginan untuk menjadi satu dengan suasana alam sekelilingnya.

Setiap manusia pada dasarnya ingin hidup damai, tenteram dan sejahtera. Bagi masyarakat dan bangsa Indonesia, cita-cita tersebut secara jelas tercantum dalam UUD 1945, khususnya pada pembukaan UUD 1945 Alinea IV. Untuk mewujudkan cita-cita dan harapannya, diciptakanlah seperangkat norma.

Pentingnya Norma dalam Masyarakat

Norma atau kaidah adalah ketentuan yang mengatur tata kehidupan atau tata pergaulan antarmanusia dalam arti luas. Norma merupakan petunjuk/pedoman hidup. Norma mempengaruhi tingkah laku manusia dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara sehingga dapat diwujudkan tata kehidupan yang tertib, aman, nyaman, tenteram, dan damai. Jika tidak ada norma, kehidupan manusia tidak ada bedanya dengan kehidupan binatang.

Norma memiliki fungsi sebagai pedoman dan pengatur dasar kehidupan sseorang dalam bermasyarakat sehingga terwujud kehidupan antara manusia yang aman, tenteram, dan sejahtera.

Sumber: https://www.pendidik.co.id/