Fenomena Bumi yang Bernafas

Fenomena Bumi yang Bernafas
Fenomena Bumi yang Bernafas

Fenomena Bumi yang BernafasFenomena Bumi yang Bernafas

Hutan mungkin dikenal sebagai paru-paru bumi tapi hutan yang ada di provinsi Nova Scotia, Kanada menyebabkan kegemparan karena menjadi contoh yang lebih harfiah dari “paru-paru bumi”.

Brian Nuttall sedang keluar berjalan-jaan pada hari musim gugur yang berangin di Apple River, Cumberland County, ketika ia melihat sebuah fenomena yang agak tidak biasa. Dia melihat tanah yang naik-turun seperti bernafas, seirama dengan tiupan angin. Dia mengeluarkan ponselnya dan mulai merekam peristiwa itu.

Setelah diunggah, video itu pun langsung mengundang perdebatan di dunia maya. Berbagai macam spekulasi bermunculan untuk menjelaskan fenomena tersebut.

Ada yang bilang itu adalah sebuah sinkhole sementara yang lain menyarankan ada aliran sungai bawah tanah disana.

Namun, apa yang sebenarnya terjadi sebenarnya, mungkin penjelasannya jauh lebih sederhana. Akar-akar pohon, yang menyebar di bawah lantai hutan telah terlepas dari tambatan mereka. Sistem akar pohon-pohon di bawah tanah ini akan mengangkat tanah ketika pohon-pohon tertiup oleh angin, membuat mereka tampak ‘bernapas’ seperti bernafas.

Dalam sebuah postingan Facebooknya, Mr Nuttall mengatakan saat ia sampai di tempat yang berpohon, dia memperhatikan tanah bergerak. Ia percaya pohon-pohon yang lebih besar bertahan dari terjangan angin dan pohon-pohon kecil di sekitarnya saling menguatkan.e

 

Sumber: https://student.blog.dinus.ac.id/handay/materi-teks-laporan-percobaan/?fbclid=IwAR3R_C_m7PE8Ti0Ke0oGqJcq7diyfgjG_dPOvATvWpA1w2mI_khD54qlbOA

Comments are closed.