Ciri-Ciri Musik Dangdut

Ciri-Ciri Musik Dangdut

Ciri-Ciri Musik Dangdut

    Ciri-Ciri Musik Dangdut

Alat musiknya akustik

dengan standarisasi melayu, seperti akordion, suling, gendang, madolin, dan dalam perkembangan di era ini adalah organ mekanik serta biola.

  • Lagunya, mudah dicerna sehingga tidak susah untuk diterima masyarakat.
  • Iramanya terbagi dalam tiga bagian yaitu senandung (sangat lambat), lagu dua (iramanya agak cepat) dan makinang (lebih cepat).
  • Liriknya masih lekat pada pantun.
  • Irama musiknya sangat melankolik.

Miskin improvisasi,

baik melodi maupun harmoni.

Sangat mengandalkan ketukan tabla.

 

Dangdut Dalam Panggung Politik

Panggung kampanye partai politik pun juga tidak ketinggalan memanfaatkan kepopuleran dangdut untuk menarik massa.

Walaupun dangdut diasosiasikan dengan masyarakat bawah yang miskin, bukan berarti dangdut hanya digemari kelas bawah. Di setiap acara hiburan, dangdut bahkan dalam dunia politik dangdut pun dapat dipastikan turut serta dalam meramaikan situasi. Panggung dangdut dapat dengan mudah dijumpai di berbagai tempat. Tempat hiburan yang khusus memutar lagu-lagu dangdut banyak dijumpai di kota-kota besar. Di stasiun radio tertentu pun kini  mudah ditemui di berbagai kota.

 

Pada masa orde baru diadakan sebuah pesta dangdut

di mana para pendukung parpol disuguhi berbagai macam hiburan, yang disertai dengan hadiah, t-shirt dan lain sebagainya. Rhoma Irama beserta Soneta Grup turut meramaikan acara pesta dangdut tersebut, karena Rhoma dan kawan-kawan mendukung salah satu parpol yaitu PPP. Setelah dua periode masa pemilihan sang Raja Dangdut beserta rombongannya mendukung parpol Golkar. Namun setelah masa reformasi Rhoma Irama tidak lagi melibatkan diri dalam kancah politik, tetapi menjadi penghias pesta demokrasi yang memancing para rakyat untuk menghibur diri di medan kampanye tersebut. Tidaklah aneh jika parpol mengundang artis – artis sebagai kandidat agar para rakyat – rakyat kecil ini mau ikut ke partainya dan tidak lupa memilih partainya itu. Dengan pesta dangdut para calon kandidat menkampayekan partainya sekuat mungkin dan tidak lupa pula mereka menyampaikan janji – janjinya kepada rakyat kecil yang belum pasti nantinya itu bisa ditepati atau tidak.

Baca Juga :