Cara Pembesaran Ikan Nila Kolam Terpal Bagi Pemula

Cara Pembesaran Ikan Nila Kolam Terpal Bagi Pemula

Cara Pembesaran Ikan Nila Kolam Terpal Bagi Pemula

Cara Pembesaran Ikan Nila Kolam Terpal Bagi Pemula
Cara Pembesaran Ikan Nila Kolam Terpal Bagi Pemula
Cara Pembesaran Ikan Nila Kolam – Ikan nila pasti jadi ikan yang cukup favorite untuk dikonsumsi orang-orang Indonesia. Walau ikan nila gampang didapati serta diperoleh dimana saja , nyatanya keperluan akan supply ikan nila juga cukup banyak di pasar. Itu bikin budi daya ikan nila jadi satu diantara ladang usaha yang strategis terlebih untuk Anda yang mempunyai karakter telaten untuk mengembangbiakkan. Ikan nila sendiri bisa dibiakkan di kolam-kolam simpel , seperti kolam terpal.

Langkah Awal Dalam Pembesaran Ikan Nila

Pembesaran ikan nila di kolam terpal juga relatif gampang , nyaris sama bila ikan nila dibiakkan di kolam tembok. Walau sekian , ada banyak hal yang butuh di perhatikan jika Anda mau bikin kolam terpal untuk ikan nila. Dalam artikel itu , kita bakal mengulas cara budidaya ikan nila di kolam terpal.

Pembuatan Kolam Terpal

Untuk bikin kolam terpal yang baik , Anda butuh memerhatikan letak kolam yang baik. Kolam yang baik agar bisa membuat lancar pembesaran ikan nila di kolam terpal mesti cukup luas serta mempunyai sinar matahari dengan cara langsung. Kolam juga mesti mempunyai kedalaman yang cukup yakni kira-kira 50 cm. Galian tanah yang ada bisa Anda pakai juga sebagai tanggul di pinggir kolam serta di beri batako agar permukaannya rata. Kemudian , berilah sekam pada dasar kolam dengan cara rata. tahap selanjutnya yaitu pemasangan terpal agar kolam siap di beri air. Serta yang paling akhir , beri batako pada pinggiran kolam agar lebih aman serta rapi , terlebih untuk menghadapi hembusan angin kencang yang bisa menyibakkan terpal.

Pasilitas Kolam Pembudidayaan

budidaya ikan discus – Saat sebelum Anda memasukkan air serta lakukan pembesaran di kolam terpal , Anda mesti memerhatikan banyak hal seperti pematang yang telah baik , juga saluran aliran air yang berbentuk pembuangan serta pemasukan air. Anda dapat juga menyemprotkan pestisida terlebih dulu untuk hindari beberapa hal yg tidak di inginkan. Janganlah lupa untuk menempatkan saringan dalam pintu masuk air. Sesudah memasukkan air ke kolam , tutuplah pintu masuk serta keluar air , serta biarlah kolam diisi air yang tergenang. Anda baru dapat mengawali untuk lakukan sistem pembesaran ikan nila di kolam terpal pada hari ke 5 hingga 7 sesudah pengisian air di kolam.

Memerhatikan Benih Ikan Nila Utuk Budidaya

Saat Anda menyebarkan benih ikan nila di kolam , sebaiknya Anda memerhatikan ukuran benih nila yang bakal Anda sebarkan yakni sebaiknya memiliki ukuran 8 hingga 12 cm agar pembesaran lebik efektif. Berat ikan juga sebaiknya seputar 30 gr per ekornya. Untuk perbandingan dengan ukuran kolamnya , dianjurkan ada 5 hingga 10 ikan per mtr. kolam , serta janganlah kian lebih ini. Anda bisa lakukan pembesaran ikan nila di kolam terpal dalam kurun saat seputar 6 bln. sampai ikan nila tampak besar serta mempunyai berat seputar 400 hingga 600 gr per ekornya.

Pakan Serta Asupan Gizi Ikan Nila

Untuk konsumsi gizi yang perlu Anda cermati agar benih ikan Anda tumbuh jadi ikan panenan yang baik serta berkwalitas , Anda butuh memberi sebagian kandungan gizi pada makanan yang diperlukan untuk perkembangan ikan nila. Makanan itu bakal baik jika memiliki kandungan zat protein sebesar 20% hingga 30%. Makanan itu juga mesti mempunyai kandungan lemak optimal sejumlah 70% , dengan karbohidratnya sebesar 63% hingga 73%. Serta pakan yang baik untuk pembesaran ikan nila di kolam terpal yaitu kaliandra , kecubung , kipat ,serta kihujan.