Cara Merawat Mouse Agar Tidak Cepat Rusak

Cara Merawat Mouse Agar Tidak Cepat Rusak

Cara Merawat Mouse Agar Tidak Cepat Rusak

Cara Merawat Mouse Agar Tidak Cepat Rusak – Mouse adalah salah satu hardware yang paling penting dalam komputer atau PC. Mouse digunakan sebagai hardware pengatur pointer yang merupakan tool terpenting dalam komputer. Selain digunakaan untuk PC atau komputer, sekarang mouse juga sudah digunakan untuk laptop. Meskipun laptop sudah mempunyai Touchpad sebagai penggerak pointer tetapi lebih enak memakai mouse. Apalagi jika anda seorang gamer seperti Dota atau Point Blank, tentu anda membutuhkan mouse untuk memainkannya.

Karena banyaknya Kegunaan hardware yang satu ini, saya berinisyatif untuk membagikan artikel mengenai cara merawat mouse agar tidak cepat rusak. Dengan beberapa tips yang akan saya berikan ini terbukti dapat memperpanjang umur mouse anda. Walaupun mouse merupakan salah satu hardware yang mudah didapat, tetapi tak salahkan kita menjaga barang yang satu ini. Oke, berikut tips cara merawat mouse.

Cara Merawat Mouse agar Tidak Cepat Rusak

1. Jangan Terlalu keras/Kasar Ketika Mengklik Mouse

Tips yang pertama adalah jangan terlalu keras mengklik mouse. Kebiasaan inilah yang paling sering membuat mouse anda menjadi rusak. Mengklik mouse dengan kasar terkadang terjadi akibat kita sedang kesal atau marah ketika menggunakan mouse, seperti kalah dalam game atau koneksi internet yang sangat lambat. Jika anda sering melakukan hal tersebut, Saya sarankan untuk menghentikannya agar mouse anda tetap awet dan tidak rusak.

2. Menggunakan Mouse Pad

Apa itu Mouse Pad? Mouse pad adalah alas Mouse. Selain digunakan untuk memperlancar pergerakan pointer, mouse pad juga digunakan sebagai pengaman agar optik pada bawah mouse tidak rusak. Jika optik pada bawah mouse rusaktentu akan merusak mouse juga. Jadi sering seringlah menggunakan mouse pad.

3. Menjauhkan benda Cair dari Mouse

Benda cair merupakan salah satu bahan yang kerap dapat merusak mouse anda. Ketika anda sedang menggunakan laptop atau PC anda sering membawa minuman dan meletakkannya di dekat mouse anda. Jika airnya tumpah dan mengenai mouse anda, tentu dapat mengakibatkan mouse menjadi rusak atau tidak berfungsi. Jadi usahakan agar menjauhkan benda cair dari mouse anda.

4. Keringkan tangan Sebelum Menggunakan Mouse

Jika tangan anda basah, usahakan untuk mengeringkannya terlebih dahulu sebelum menggunakan mouse. Seperti yang saya sebutkan sebelumnya, jika mouse sering terkena air tentu dapat merusak mouse.

5. Jangan Mencabut Mouse dari laptop Dengan Kasar

Bagian USB pada mouse merupakan salah satu bagian yang penting dan juga paling mudah rusak. Jika anda terlalu kasar dalam mencabut USB mouse, tentu dapat merusak Mouse. Jika USB Mouse rusak ciri-cirinya yaitu pc atau laptop tidak merespon mouse lagi.

6. Perhatikan Kabel Mouse anda

Jika kabel mouse terlilit segera benarkan. Jangan sampai kabel mouse terikat atau membentuk simpul. Hal tersebut dapat merusak mouse anda. Atau perhatikan juga jika kabel mouse terjepit benda berat seperti meja, segera benarkan.

7. Sering Seringlah Membersihkan Mouse anda

Seringlah membersihkan mouse anda. Bersihkan dari debu yang menumpuk terutama pada bagian optik mouse anda. Bersihkan perlahan menggunakan tissu atau lap.

8. Jangan Menjatuhkan Mouse anda

Yang terakhir dan yang terpenting adalah jangan menjatuhkan  mouse anda. Hal inilah yang paling sering mengakibatkan mouse menjadi rusak. Letakkan pada daerah yang aman dan kecil kemungkinan untuk jatuh.

Itu dia beberapa tips cara merawat mouse anda agar tidak cepat rusak. Yang terpenting adalah kesadaran diri anda sendiri. Rawatlah mouse anda seperti merawat benda penting lainnya. Sekian dulu tips cara merawat saya. Semoga ini dapat membantu para pembaca sekalian. Akhir kata saya ucapkan banyak terimakasih.

Comments are closed.