Cara Mengatasi Koneksi Wifi yang Lambat

Cara Mengatasi Koneksi Wifi yang Lambat

Cara Mengatasi Koneksi Wifi yang Lambat

Cara Mengatasi Koneksi Wifi yang Lambat

Apakah Anda termasuk salah satu pecandu wifi? Apakah selesai tidaknya pekerjaan Anda juga tergantung koneksi wifi? Apakah Anda sering merasa frustasi ketika koneksi wifi Anda lambatnya bukan main? Pada artikel edisi kali ini, kita akan berbagi ke Anda bagaimana mengatasi koneksi wifi lambat.

Mengatasi Koneksi Wifi Lambat

Koneksi yang buruk dapat disebabkan oleh permasalahan konfigurasi gangguan nirkabel, router, atau masalah teknis lainnya. Sebelum mengotak-atik perangkat WiFi Anda, periksalah koneksi internet dengan menggunakan kabel Ethernet ke modem Anda. Gunakanlah kabel Ethernet untuk online dan jika Anda tetap tidak dapat terhubung ke internet atau koneksi lambat, berarti memang ada masalah dengan ISP Anda. Jika masalah terletak di ISP, jangan ragu untuk menghubungi pihak ISP untuk menanyakan mengenai permasalahan yang Anda temui.

Mengatasi koneksi wifi lambat dapat dilakukan dengan beberapa cara dan dapat dikerjakan oleh Anda sendiri. Langkah-langkah yang dapat Anda lakukan antara lain:

Update Firmware

Periksalah firmware modem dan router yang Anda gunakan. Hal ini sangat penting mengingat update firmware biasanya disertai dengan perbaikan bug dan software yang mungkin akan Anda temui. Biasakan untuk periksa firmware secara rutin untuk memastikan firmware modem dan router Anda selalu update.

 

Tempatkan Router WiFi di Lokasi yang Stategis

 

Tempatkan router di lokasi yang stategis untuk memaksimalkan sinyal WiFi sehingga Anda dapat browsing dengan cepat dan dapat menikmati kecepatan internet yang Anda miliki.
Baca Juga Ini Cara Membedakan Wifi Gratis Yang Aman dan Tidak

Wi-Fi dan jenis koneksi nirkabel lainnya dapat bekerja buruk apabila mengalami gangguan sinyal sehingga menyebabkan komputer terus mengirim ulang pesan untuk mengatasi masalah sinyal. Jaringan nirkabel tetangga bahkan peralatan rumah tangga dapat mengganggu jaringan komputer Anda. Untuk menghindari koneksi internet lambat yang diakibatkan oleh gangguan sinyal, pindahkan router Anda di lokasi yang baik dan ubahlah nomor saluran/channel WiFi Anda.

Ubah Pengaturan Koneksi Router WiFi

 

Hampir semua perangkat WiFi mendukung 2.4 GHz 802.11g

, yang mendukung hingga 54 Mbps. Gunakanlah pengaturan ini pada router WiFi Anda sehingga perangkat dapat berjalan dengan maksimal. Jika Anda memilih pengaturan 5 GHz, hanya perangkat yang mendukung dual-band WiFi saja yang dapat terhubung sedangkan perangkat 802.11n atau 802.11ac tidak dapat menjalankan koneksi dengan maksimal.

 

Selain itu, pastikanlah router broadband dikonfigurasi dengan benar.

Misal, pengaturan MTU router akan mengakibatkan masalah kinerja jika diatur terlalu rendah atau terlalu tinggi. Pastikanlah pengaturan router Anda semua konsisten dengan produsen dan Internet Service Provider rekomendasi. Catatlah setiap perubahan yang Anda buat untuk konfigurasi router sehingga nantinya bisa dikembalikan seperti semula jika diperlukan.

 

sumber :

https://rollingstone.co.id/seva-mobil-bekas/

Comments are closed.