Cara Memelihara Gurita Laut di Akuarium

Cara Memelihara Gurita Laut di Akuarium

Cara Memelihara Gurita Laut di Akuarium

Cara Memelihara Gurita Laut di Akuarium
Cara Memelihara Gurita Laut di Akuarium

Bagaimana cara memelihara gurita laut di akuarium? Tahukah Anda, gurita merupakan binatang moluska di dalam ordo Octopoda dengan ciri khas yaitu bab kakinya terletak di kepala. Secara alami, gurita hidup di terumbu karang yang terletak di Samudera. Gurita mempunyai 8 lengan yang dilengkapi alat penghisap berbentuk bulatan-bulatan cekung di sekujur lengannya.

Gurita tergolong sebagai hewan yang jarang dipelihara alasannya ialah perawatannya sangat rumit. Perlu diketahui, gurita ialah hewan paling cerdas di antara invertebrata. Dengan kecerdasan dan kemampuannya untuk bertahan hidup di lingkungan darat selama 1-2 jam tersebut, gurita bisa melarikan diri dari akuarium yang menjadi daerah tinggalnya.

Bagaimana cara memelihara gurita laut di akuarium Simak Panduan Cara Memelihara Gurita Laut di Akuarium

Namun kalau Anda tetap tertarik memelihara gurita alasannya ialah terpengaruhi dengan keunikannya, cobalah kiat-kiat dari kami sebagai berikut :

Tempat Pemeliharaan

ikan cupang – Anda bisa membuat aquarium khusus untuk memelihara gurita. Jangan pernah memasukkan ikan-ikan hias alasannya ialah pasti akan dimangsa olehnya. Tutup bab atas akuarium tersebut dengan kawat kasa sehingga gurita tidak dapat melarikan diri. Lengkapi interior dengan gua buatan sebagai daerah persembunyian.

Pengaturan Pencahayaan

Gurita biasanya tinggal di dasar laut. Makara beliau tidak membutuhkan cahaya dalam jumlah yang cukup banyak. Pencahayaan secara maksimal justru akan membuatnya menjadi stres. Atur pencahayaan sedemikian rupa biar jangan terlalu terang. Sebagai binatang pemalu, gurita juga akan tetap membisu apabila berada di lingkungan yang ramai.

Makanan Bervariasi

Anda bisa memperlihatkan gurita makanan berupa kepiting. Kepiting yang dipakai disarankan masih hidup, lalu dimasukkan pribadi ke akuarium supaya gurita dapat menangkapnya sendiri. Anda juga bisa memperlihatkan variasi makanan yaitu udang dan ikan kecil. Sesekali Anda pun dapat memberikannya timun yang telah direbus. Berikan makanan ini setiap malam dan dini hari alasannya ialah gurita ialah binatang nokturnal.

Kebersihan Lingkungan

Agar gurita milik Anda dapat tumbuh dengan sehat, Anda harus menjaga kebersihan daerah tinggalnya. Ganti setengah volume air laut yang ada di dalam tangki setiap 2 ahad sekali. Pasanglah alat aerator dan filtrasi yang berkhasiat untuk menjaga kebersihan akuarium. Segera ambil sisa makanan yang mengendap di dasar tangki sebelum mencemari air.

Selamat mencoba!