Cara Belajar Anatomi dan Fisiologi Paling Kreatif

Cara Belajar Anatomi dan Fisiologi Paling Kreatif

Cara Belajar Anatomi dan Fisiologi Paling Kreatif

Cara Belajar Anatomi dan Fisiologi Paling Kreatif
Cara Belajar Anatomi dan Fisiologi Paling Kreatif

Anatomi adalah cabang dari biologi yang berhubungan dengan struktur dan organisasi dari makhluk hidup. Terdapat juga anatomi hewan atau zootomi dan anatomi tumbuhan atau fitotomi (wikipedia).

Sedangkan fisiologi merupakan ilmu dari salah satu cabang ilmu biologi yang berhubungan erat dengan pembahasan serta mempelajari sebuah ke berlangsungan sebuah sistem tentang kehidupan (pengertiandefinisi).

 

Tak jarang dua bidang sains ini sulit untuk dipelajari dan dimengerti oleh seorang murid. Dengan alasan tersebutlah ada beberapa guru maupun mahasiswa yang melakukan cara maupun menciptakan sesuatu untuk mempermudah dalam mempelajari mata pelajaran ini.

 

Berikut orang-orang yang menciptakan Cara Belajar Anatomi dan Fisiologi Paling Kreatif

 

Cara Kreatif #1, Via Debby Heerkens

 

Ada yang berbeda meneganai gaya mengajar seorang guru di Groene Hart Rijnwoude School, Belanda.

 

Guru yang bernama Debby Heerkens tersebut mengajar mata pelajaran Biologi dengan cara yang kreatif dan tidak pernah terfikirkan oleh sebagian orang. Debby mengajarkan ilmu anatomi dan fisiologi kepada muridnya dengan menggunakan pakaian tipis yang bergambar organ-organ tubuh manusia.

 

Inspirasi ini Ia dapatkan ketika melihatseseorang menggunakan celana legging bergambar anatomi tubuh manusia, tanpa ragu ia meminta ijin pada kepala sekolah untuk mengenakan kostum tersebut di saat mata pelajarannya.

 

Baju tersebut sengaja Ia kenakan karena ingin mengganti cara lama yang menggunakan alat peraga dan ingin lebih meningkatkan pemahaman materi yang diterima siswa. Dengan menggunakan baju bergambar organ tubuh, ingatan siswa akan tahan lama dan mudah untuk mengingat.

 

Aksi Debby saat membuka baju di atas meja kelas pun diunggah ke situs Youtube oleh akun Omroepwest dengan judul ‘Lerares Groene Hart Rijnwoude trekt kleren uit voor de klas tijdens biologieles’.

 

 

 Cara Kreatif #2, Via Andriawan Hendra Susila, Afiqie Fadhihansah, Billy Novanta Yudistira, Akhiyan Hadi Susanto dan Nurona Azizah

 

Cara yang satu ini tidak kalah kreatif dan inspiratif seperti diatas. Maraknya permainan mobile dan gadget yang semua orang memilikinya menjadi inspirasi lima mahasiswa Universitas Brawijaya (UB) membuat game untuk belajar Anatomi.

 

Lima mahasiswa tersebut Adalah Andriawan Hendra Susila (Ilmu Keperawatan 2008), Afiqie Fadhihansah (Teknik Informatika 2010), Billy Novanta Yudistira (Teknik Informatika 2010), Akhiyan Hadi Susanto (Keperawatan 2008) dan Nurona Azizah (Keperawatan 2008).

 

Secara garis besar game tersebut mengambil konsep permainan Solitaire yang populer pada tahun 90 an. Afiqie menjelaskan, seperti halnya Solitaire, satu set kartu dalam Sobotaire juga berisi 52 kartu. Kartu-kartu itu terbagi dalam 12 sistem di antaranya osteologi, musculoskeletal, cardiovascular, neurologi dan digestive. Afiqie dan tim menggunakan Sobotta sebagai referensi penyusunan game atlas anatomi ini.

 

Cara Kreatif #3, Via Aplikasi Essential Anatomy

 

Jika anda penguna Ios/Mac maka ada sebuah aplikasi yang bisa anda unduh untuk belajar anatomi dan fisiologi manusia. Aplikasi Essential Anatomy telah rilis Februari 2014 untuk iPad tetapi kini pihak developer memberikan update versi 2.0 dengan berbagai fitur tambahan, termasuk dukungan untuk iPhone dan Mac.

 

Dengan Essential Anatomy, tidak saja Anda memberikan hadiah bagi anak Anda tetapi sekaligus mengajaknya belajar dengan cara yang sangat menyenangkan melalui iPhone, iPad ataupun komputer Mac. Belajar dan menghapalkan nama tulang, otot, jaringan, nadi dan arteri tidak lagi membosankan dan sulit jika dilakukan via Essential Anatomy.

 

Jadi tunggu apalagi? Berikan kejutan bagi putra-putri Anda sebagai persiapan masuk sekolah dengan Essential Anatomy yang telah tersedia di App Store ($29,99) dan Mac App Store ($33,99) (gopego)

 

Nah itulah beberapa cara untuk belajar anatomi dan fisiologi dengan cara yang kreatif dan tidak biasa yang bisa anda coba di rumah.

Sumber: https://fungsi.co.id/