Bagaimana Cara Merawat Aquascape Untuk Pemula?

Tips Membuat Aquascape Untuk Pemula

Bagaimana Cara Merawat Aquascape Untuk Pemula?

Tips Membuat Aquascape Untuk Pemula
Tips Membuat Aquascape Untuk Pemula

Setelah Anda berhasil membuat aquascape yang sesuai dengan keinginan, jangan lupa untuk senantiasa merawatnya. Aquascape tersebut tetap harus dijaga biar keindahannya tetap terpancarkan. Lantas, bagaimanakah caranya merawat aquascape yang paling tepat? Hal-hal apa saja yang harus diperhatikan selama dalam melaksanakan pekerjaan ini? Berikut ini kiat-kiat selengkapnya khusus untuk Anda!

Pembersihan Gravel

Posisi gravel yang ada di dasar aquascape membuatnya gampang terkena kotoran. Gravel juga sering diselimuti oleh lumut dan alga yang tumbuh di dalam air. Akibatnya kondisi gravel pun tampak kotor, kurang sedap dipandang, dan mengganggu keindahan aquascape. Makara Anda perlu membersihkan gravel-gravel ini dengan teknik sifon. Teknik ini dilakukan dengan menghisap air memakai daya sedot yang rendah sehingga tidak merusak ekosistem.

Perawatan Tanaman

ikan hiu megalodon – Agar tumbuh dengan sempurna, rawat tanaman air yang tumbuh di dalam akuarium. Caranya melalui pemangkasan bagian-bagian tanaman yang tumbuh kurang sempurna, mati, dan berpenyakit. Proses ini dikerjakan dengan memotong tanaman memakai gunting yang tajam. Selain membuat bentuk tanaman lebih menarik, pemangkasan juga dapat memicu pertumbuhannya.

Kontrol Air

Di dalam aquascape, air yang bagus tidak hanya bersih, tetapi mengandung unsur-unsur mineral yang diharapkan untuk pertumbuhan makhluk hidup di dalamnya. Pengontrolan juga harus memperhatikan tingkat pH, temperatur, kadar CO2, siklus nitrogen, dan prosentase oksigen terlarut. Dengan pengontrolan yang baik dan benar, maka bakal terbentuk suatu aquascape yang benar-benar indah.